TUGAS 2
(Rabu, 21 Maret 2018)
Nama : Muhammad Yusuf Alwi
NIM :
E1B015031
No.
Hp. : 082340493210
PENDEKATAN PENELITIAN
PENDIDIKAN
A.
Pengertian
Pendekatan Penelitian Pendidikan
Pendekatan merupakan
cara yang dilakukan peneliti untuk menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan
yang paling tinggi validitasnya dan ketepatannya sebagai acuan dalam
penelitian. Pendekatan dapat mengarahkan penelitian yang akan kita kaji
sehingga penelitan tersebut menjadi lebih dalam.
Pendekatan ilmiah
biasanya mempunyai langkah-langkah yang secara garis besar, seperti berikut.
1.
Adanya permasalahan yang hendak dikerjakan.
2.
Dinyatakan dalam bentuk pertanyaan jawaban sementara atau
hipotesis.
3.
Dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan data yang
diambil dari lapangan.
4.
Menganalisis data yang ada.
5.
Melakukan pengamatan hasil analisis dengan melihat kembali
pada hipotesis.
6.
Mengambil kesimpulan.
B.
Jenis-Jenis
Pendekatan Penelitian Pendidikan
1.
Pendekatan Kuantitatif
a.
Pengertian
Pendekatan
kuantitatif merupakan salah satu upaya pencarian ilmiah (scientific inquiry)
yang didasari oleh filsafat positivisme logikal (logical positivism)
yang beroperasi dengan aturan-aturan yang ketat mengenai logika, kebenaran, hukum-hukum,
dan prediksi (Watson, dalam Danim 2002). Fokus penelitian kuantitatif
diidentifikasikan sebagai proses kerja yang berlangsung secara ringkas,
terbatas dan memilah-milah permasalahan menjadi bagian yang dapat diukur atau
dinyatakan dalam angka-angka.
Penelitian
ini dilaksanakan untuk menjelaskan, menguji hubungan antar variabel, menentukan
kasualitas dari variabel, menguji teori dan mencari generalisasi yang mempunyai
nilai prediktif (untuk meramalkan suatu gejala). Penelitian kuantitatif menggunakan
instrumen (alat pengumpul data) yang menghasilkan data numerikal (angka).
Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik untuk mereduksi dan
mengelompokan data, menentukan hubungan serta mengidentifikasikan perbedaan
antar kelompok data. Kontrol, instrumen, dan analisis statistik digunakan untuk
menghasilkan temuan-temuan penelitian secara akurat. Dengan demikian kesimpulan
hasil uji hipotesis yang diperoleh melalui penelitian kuantitatif dapat
diberlakukan secara umum.
b.
Prosedur
Penelitian Kuantitatif
1)
Penelitian
dimulai dengan sebuah permasalahan, sebuah pertanyaan yang belum terjawab di
pikiran peneliti.
2)
Penelitian
melihat tujuan dalam suatu pernyataan permasalahan.
3)
Penelitian
membagi permasalahan menjadi sub-sub permasalahan yang dapat dikelola. Setiap
sub permasalahan mencari petunjuk melalui pertanyaan penelitianyang spesifik
atau hipotesis yang sesuai.
4)
Penelitian
mengajukan solusi sementara terhadap permasalahan penelitian melalui hipotesis
yang sesuai. Hipotesis tersebut mengarahkan peneliti dalam mengumpulkan data.
5)
Peneliti
mencari data diarahkan oleh hipotesis dan dibimbing oleh permasalahan. Data
dikumpulkan dan diorganisasikan.
6)
Penelitian
menginterpretasikan arti data, yang mengarah pada pengatasan permasalahan,
yaitu memberi konfirmasi atau menolak hipotesis dan/atau memberi jawaban
terhadap permasalahan yang memulai penelitian.
2.
Pendekatan kualitatif
a.
Pengertian
Pendekatan kualitatif adalah
prosedur penelitian yang menghasilkan
penelitian data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang
orang-orang, perilaku yang dapat diamati sehingga menemukan kebenaran yang
dapat diterima oleh akal sehat manusia.
b.
Prosedur Penelitian
Kualitatif
1)
Tahap
deskripsi atau tahap orientasi. Pada tahap
ini, peneliti mendeskripsikan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan.
Peneliti baru mendata sepintas tentang informasi yang diperolehnya.
2)
Tahap
reduksi. Pada tahap ini, peneliti
mereduksi segala informasi yang diperoleh pada tahap pertama untuk memfokuskan
pada masalah tertentu.
3) Tahap seleksi.
Pada tahap ini, peneliti menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih
rinci kemudian melakukan analisis secara mendalam tentang fokus masalah.
Hasilnya adalah tema yang dikonstruksi berdasarkan data yang diperoleh menjadi
suatu pengetahuan, hipotesis, bahkan teori baru.
3.
Perbedaaan Pendekatan
Kuantitatif dan Kualitatif
Tabel Perbedaan Penelitian
Kuantittif dan Kualitatif
Jenis
Data
|
Pendekatan
Kuantitatif
|
Pendekatan
Kualitatif
|
Jenis
data
|
Fonomena
digambarkan secara numerik.
|
Fenomena
digambrakan secara naratif atau tekstual.
|
Analisis
|
Statistik
deskriptif dan inferensial.
|
Identifikasi
atas tema-tema penting.
|
Cakupan
penelitian
|
Hipotesis
atau pertanyaan spesifik.
|
Perhatian
atas tema dan sifatnya luas.
|
Keunggulan
utama
|
Besarnya
sampel dan validitas statistik secara akurat merefleksikan populasi.
|
Pengggambaran
sampek secara naratif, dalam, dan kaya.
|
Kelemahan
utama
|
Pemahaman
superfisial atas pikiran dan perasaan partisipan.
|
Sampel
kecil tidak bisa digeneralisasikan pada populasi.
|
Sumber
Pustaka
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://www.sarjanaku.com/2011/06/pendekatan-kualitatif.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar