Jumat, 06 Juli 2018

LAPORAN PERKEMBANGAN KE-1 TUGAS AKHIR


LAPORAN PERKEMBANGAN KE-1 TUGAS AKHIR
Perkuliahan Ke-12
Nama             : Muhammad Yusuf Alwi
NIM               : E1B015031
E-mail            : yusufalwi24@gmail.com
No. Hp.          : 082340493210

BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Keadaan seharusnya
·         Tujuan Negara Republik Indonesia dalam Pembukaan UUD NRI 1945 pada aline keempat: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan mamajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
·         Pengertian Pendidikan Nasional yang termuat dalam UU No. 20 Tahun 2003: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
·         Fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam UU No. 20 Tahun 2003: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
·         Pengertian Evaluasi menurut Uni dan Koni (2012:3): evaluasi adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu.
·         Perubahan Kurikulum 2016 (KTSP) ke Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran mencankup 3 aspek pembelajaran, yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (apektif).
·         Sistem peniliain dalam Kurikulum 2013 harus mencankup pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (apektif).
·         Salah satu cara penilaian sikap dilakukan melalui penilaian diri.
·         Penilaian diri bisa dilakukan melalui basis google form.
Keadaan sebenarnya
Studi pendahuluan dilakukan: Selasa, 08 Mei 2018
·         Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram tidak menerapkan sistem penilaian yang mencangkup aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (apektif).
·         Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram hanya melakukan penialaian yang mencangkup aspek pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik).
·         Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram tidak pernah melakukan penialain menggunakan penilaian diri.
Solusi
Untuk mengatasi kesenjangan, dilakukan penelitian berjudul PENGARUH TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORM PADA HASIL BELAJAR APEKTIF PPKn KELAS XI SMAN 4 MATARAM.”
B.       RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: apakah ada pengaruh teknik penilaian diri berbasis google form pada hasil belajar apektif PPKn kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram?
C.      TUJUAN PENELITIAN
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik penilaian diri berbasis google form pada hasil belajar apektif PPKn kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram.
D.      MANFAAT PENELITIAN
1.         Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pada ranah apektif (sikap) khususnya terkait teknik penilaian diri berbasis google form pada mata pelajaran PPKn di sekolah.
2.         Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan dapat dijadikan salah satu teknik evaluasi pada ranah apektif (sikap) dalam pembelajaran khususnya terkait teknik penilaian diri berbasis google form pada mata pelajaran PPKn di sekolah.
3.         Bagi Guru
Guru dapat merancang dan menggunakan teknik penilaian diri berbasis google form pada mata pelajaran PPKn di sekolah untuk mengukur hasil belajar apektfi (sikap) siswa sesuai dengan kenyataan yang ada.
4.         Bagi Sekolah
Dapat memberikan perkembangan untuk melihat hasil pembelajaran khususnya pada hasil belajar apektif (sikap) yang berimplikasi pada peningkatan mutu sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar