LAPORAN PERKEMBANGAN KE-1 TUGAS AKHIR
Perkuliahan Ke-12
Nama :
Muhammad Yusuf Alwi
NIM :
E1B015031
No. Hp. :
082340493210
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Keadaan seharusnya
·
Tujuan Negara Republik Indonesia dalam Pembukaan
UUD NRI 1945 pada aline keempat: melindungi segenap bangsa Indonesia dan
seluruh tumpah darah Indonesia dan mamajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan
kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan
kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
·
Pengertian Pendidikan Nasional yang termuat
dalam UU No. 20 Tahun 2003: Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.
·
Fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional yang
termuat dalam UU No. 20 Tahun 2003: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggungjawab.
·
Pengertian Evaluasi menurut Uni dan Koni
(2012:3): evaluasi adalah proses pemberian
makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka
hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu.
·
Perubahan Kurikulum 2016 (KTSP) ke Kurikulum
2013 mengharuskan pembelajaran mencankup 3 aspek pembelajaran, yaitu
pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (apektif).
·
Sistem peniliain dalam Kurikulum 2013 harus
mencankup pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap
(apektif).
·
Salah satu cara penilaian sikap dilakukan
melalui penilaian diri.
·
Penilaian diri bisa dilakukan melalui basis google form.
Keadaan
sebenarnya
Studi
pendahuluan dilakukan: Selasa, 08 Mei 2018
·
Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram tidak
menerapkan sistem penilaian yang mencangkup aspek pengetahuan (kognitif),
keterampilan (psikomotorik), dan sikap (apektif).
·
Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram hanya
melakukan penialaian yang mencangkup aspek pengetahuan (kognitif) dan
keterampilan (psikomotorik).
·
Guru PPKn di kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram tidak
pernah melakukan penialain menggunakan penilaian diri.
Solusi
Untuk
mengatasi kesenjangan, dilakukan penelitian berjudul “PENGARUH TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORM PADA HASIL BELAJAR APEKTIF
PPKn KELAS XI SMAN 4 MATARAM.”
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: apakah ada pengaruh
teknik penilaian diri berbasis google
form pada hasil belajar apektif PPKn kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram?
C. TUJUAN PENELITIAN
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik
penilaian diri berbasis google form pada
hasil belajar apektif PPKn kelas XI IPA 2 SMAN 4 Mataram.
D. MANFAAT PENELITIAN
1.
Manfaat Teoritis
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran dalam pengembangan evaluasi
pembelajaran pada ranah apektif (sikap) khususnya terkait teknik penilaian diri
berbasis google form pada mata
pelajaran PPKn di sekolah.
2.
Manfaat Praktis
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan wawasan dan dapat dijadikan salah satu teknik
evaluasi pada ranah apektif (sikap) dalam pembelajaran khususnya terkait teknik
penilaian diri berbasis google form pada
mata pelajaran PPKn di sekolah.
3.
Bagi Guru
Guru dapat merancang dan
menggunakan teknik penilaian diri berbasis google
form pada mata pelajaran PPKn di sekolah untuk mengukur hasil belajar apektfi (sikap) siswa sesuai dengan
kenyataan yang ada.
4.
Bagi Sekolah
Dapat memberikan
perkembangan untuk melihat hasil pembelajaran khususnya pada hasil belajar
apektif (sikap) yang berimplikasi pada peningkatan mutu sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar