TUGAS 6
(Jum’at, 20 April 2018)
Nama : Muhammad Yusuf Alwi
NIM :
E1B015031
No.
Hp. : 082340493210
ABSTRAK,
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAN DAFTAR LAMPIRAN
A. Abstrak
1.
Pengertian
Abstrak
Secara umum, abstrak
merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada
wujudnya. Produk abstrak (dunia ekonomi) misalnya, merupakan produk-produk yang
tidak memiliki wujud sama sekali seperti salah satunya adalah produk jasa.
Dalam dunia penelitian
sendiri, pengertian abstrak adalah tulisan singkat yang berisi
gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang
dilakukan. Abstrak biasanya diletakkan di bagian awal sebuah karya ilmiah atau
pun laporan hasil penelitian sebagai informasi awalan bagi para pembaca.
Abstrak biasanya dibuat
dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat
laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa
ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan
baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian
tersebut dibuat, maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar
tempat laporan penelitian tersebut dibuat.
2.
Fungsi
Abstrak
a.
Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian
Dalam setiap laporan
hasil penelitian, abstrak berfungsi sebagai salah satu komponen yang harus ada
di bagian awal laporan hasil penelitian. Tanpa keberadaan abstrak, sebuah laporan
hasil penelitian menjadi tidak lengkap sehingga sulit lebih sulit untuk
dipelajari.
b.
Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian
Fungsi abstrak dalam
penelitian yang kedua adalah sebagai gambaran umum mengenai isi laporan
penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, abstrak merupakan tulisan
singkat yang isinya adalah gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Tanpa
abstrak, sebuah laporan penelitian menjadi lebih sulit untuk dipelajari (untuk
mempelajarinya harus melihat seluruh bagian isi laporan penelitian terlebih
dahulu).
c.
Bahan Pertimbangan bagi Pembaca
Fungsi abstrak yang
ketiga adalah sebagai bahan pertimbangan bagi para pembaca laporan penelitian.
Sebelum membaca keseluruhan isi, pembaca laporan penelitian dapat membaca
abstrak terlebih dahulu untuk mengetahui apakan isi atau pun bahasan laporan
penelitian sesuai atau tidak dengan apa yang dicari oleh pembaca.
CONTOH ABSTRAK
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MODUL PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DALAM
PELAKSANAAN BIMBINGAN PRIBADI BAGI SISWA KELAS X DI SMA TIGA MARET (GAMA) YOGYAKARTA
Oleh:
Sulistyo Wahyuni 031224001
Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas
X sebagai media dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi di SMA Tiga Maret
(GAMA) Yogyakarta. Modul pengembangan kepribadian tersebut untuk memudahkan
siswa dalam pembelajaran tentang pengembangan kepribadian.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan
dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan
berdasarkan penelitian awal adalah modul pengembangan kepribadian bagi siswa
kelas X yang berisi materi-materi pemahaman diri, percaya diri dan
tanggungjawab. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah
subjek ahli, yaitu ahli materi bimbingan pribadi, ahli media pembelajaran dan
guru pembimbing, serta subjek siswa kelas X SMA GAMA Yogyakarta sebagai calon
pengguna produk. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan random sampling,
yang terdiri dari 10 orang siswa untuk uji coba lapangan utama dan 24 orang
siswa untuk uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai modul yang dikembangkan
dari segi kelengkapan modul, isi materi maupun tampilan fisik modul. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba lapangan
utama modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X SMA termasuk dalam
kategori baik. Setelah dilakukan revisi, modul hasil pengembangan termasuk
dalam kategori sangat baik pada uji lapangan operasional. Dengan demikian,
modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X SMA hasil pengembangan ini
layak digunakan oleh siswa.
Kata kunci: Pengembangan Modul, Pengembangan Kepribadian
Contoh Abstrak Ketiga
|
B. Kata Pengantar
Dalam sebuh karya tulis,
baik ilmiah, non ilmiah maupun populer, adanya kata pengantar yang hal ini
merupakan faktor yang penting. Kata pengantar ini sama pentingnya dengan daftar
isi, daftar pusaka, biografi penulis dan faktor lainnya. Karena makalah akan dirasa
baik dan lengkap apabila disertai dengan ucapan kata pengantar di dalamnya.
Kata pengantar ialah
halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan
karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih,
tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata
pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan isi dan penutup.
Dalam kata pengantar
harus mengandung beberapa unsur, yang diantaranya yaitu:
a.
Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
b.
Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya
ilmiah,
c.
Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya
ilmiah,
d.
Penjelasan adanya bantuan, bimbingan dan arahan
dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok
orang atau organisasi/lembaga,
e.
Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga
yang membantu,
f.
Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan
nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan,
g.
Harapan penulis atas karangan tersebut,
h.
Dan manfaat bagi pembaca serta kesediaan
menerima kritik dan saran.
CONTOH KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat serta karunia-Nya, Penulis
dapat menyelesaikan skripsi berjudul: TINJAUAN HUKUM TENTANG KERAHASIAAN
PESAN ELEKTRONIK YANG TELAH DIGANTI OLEH ORANG YANG TIDAK BERHAK DIKAITKAN
DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI
ELEKTRONIK.
Skripsi ini ditujukan untuk
memenuhi salah satu persyaratan ujian guna memperoleh gelar Sarjana Hukum
(S.H) pada Jurusan Ilmu Hukum Pidana pada Fakultas Hukum Universitas 10 November
Kendari.
Penulis menyadari dalam
penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna, dan banyak kekurangan baik
dalam metode penulisan maupun dalam pembahasan materi. Hal tersebut
dikarenakan keterbatasan kemampuan Penulis. Sehingga Penulis mengharapkan
saran dan kritik yang bersifat membangun mudah-mudahan dikemudian hari dapat
memperbaiki segala kekuranganya.
Dalam penulisan skripsi ini,
Penulis selalu mendapatkan bimbingan, dorongan, serta semangat dari banyak
pihak. Oleh karena itu Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada pembimbing yang terhormat, yakni Yth. Bapak Dr.
Anthon S.H., M.Hum., selaku Dosen Pembimbing, yang telah meluangkan waktunya,
tenaga dan pikirannya untuk membimbing Penulis dalam penulisan skripsi ini,
selain pembimbing Penulis juga ingin mengucapkan banyak rasa terima kasih
kepada:
1.
Yth. Bapak Dr. Ir. Eddy, M.Sc, selaku Rektor Universitas 10
November
2.
Yth. Bapak Prof . Dr. H . R. Salman S, S.H., selaku Dekan
Fakultas Hukum Universitas 10 November;
3.
Yth. Ibu Hetty, S.H., selaku Ketua Jurusan Ilmu Hukum
Universitas 10 November;
4.
Yth. Bapak Budi Fitriadi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas
Hukum Universitas 10 November;
5.
Yth. Ibu Arinita S.H., M.Hum, selaku Dosen Fakultas Hukum
Universitas 10 November;
6.
Yth. Ibu Rahmani Puspita, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas
Hukum Universitas 10 November;
7.
Yth. Ibu Wulansari, S.H, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas
10 November;
8.
Yth. Ibu Maulin, S.H, M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum
Universitas 10 November;
9.
Yth. Bapak Suharimi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum
Universitas 10 November;
10.
Yth. Ibu Rika Rossilawati R, A.Md., selaku Staf Sekretariat
Fakultas Hukum Universitas 10 November;
11.
Seluruh Staf Dosen dan Karyawan Fakultas Hukum Universitas 10
November.
12.
Kedua orangtua yang telah memberikan dorongan dan doa sehingga
Penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
13.
Buat kakak-kakak Qu yang selalu mendukung dan membantu dalam
menyelesaikan skripsi ini.
14.
Buat temen-temen angkatan 2005, khususnya Wari, Novi, Krok,
Merlin, Ichal, Rikka, Paskal, Billy Andri, palma, Doni.
Akhirnya, Penulis mengucapkan
rasa terima kasih kepada semua pihak dan apabila ada yang tidak tersebutkan
Penulis mohon maaf, dengan besar harapan semoga skripsi yang ditulis oleh
Penulis ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penulis sendiri dan umumnya bagi
pembaca. Bagi para pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini
semoga segala amal dan kebaikannya mendapatkan balasan yang berlimpah dari
Tuhan YME, Amiiin.
Kendari, Juli 20.
Penulis
|
C. Daftar Isi
Daftar isi berfungsi
sebagai pencantuman urutan isi karangan. Isi karangan disusun berdasarkan bab
yang terdapat di dalam karangan tersebut disertai urutan halamannya secara
benar. Penulisan kata pada "halaman 1" terdapat pada sudut kanan atas
dengan huruf kecil seluruhnya. Daftar isi pun ditulis pada halaman tersendiri,
seperti kata pengantar.
CONTOH DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………….. i
HALAMAN PERSETUJUAN ……………………………………. ii HALAMAN PENGESAHAN KELULUSAN UJIAN ………iii PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI …………………. iv ABSTRAKSI …………………………………………………………….v MOTTO DAN PERSEMBAHAN …………………………………vi KATA PENGANTAR ………………………………………………..vii DAFTAR ISI ……………………………………………………………x DAFTAR TABEL……………………………………………………..xiv DAFTAR GAMBAR ………………………………………………..xv DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………xvi BAB I PENDAHULUAN ……………………………………..1 1.1. Latar Belakang ………………………………………………… 1 1.2. Rumusan Masalah …………………………………………..5 1.3. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian …………6 1.3.1. Tujuan Penelitian ………………………………………….6 1.3.2. Manfaat Penelitian ……………………………………… 7 1.4. Sistematika Penulisan …………………………………….7 BAB II TINJAUAN PUSTAKA …………………………… 9 2.1. Landasan Teori………………………………………………. 9 2.1.1. Kualitas Pelayanan ……………………………………… 9 2.1.1.1. Dimensi Kualitas Layanan …………………… 11 2.1.2. Pemasaran Jasa …………………………………….. 15 2.1.3. Kepuasan Pelanggan / Konsumen ………………… 18 2.2. Hubungan Antar Variabel ………………………… 23 2.2.1. Hubungan Tangible dengan Kepuasan Konsumen…. 23 2.2.2. Hubungan Reliability dengan Kepuasan Konsumen….. 24 2.2.3. Hubungan Responsiveness dengan Kepuasan Konsumen … 26 2.2.4. Hubungan Assurance dengan Kepuasan Konsumen……. 28 2.2.5. Hubungan Emphaty dengan Kepuasan Konsumen……. 30 2.3. Penelitian Terdahulu ……………………………………… 32 2.4. Kerangka Pemikiran Teoritis ………………………….. 33 BAB III METODE PENELITIAN………………………. 34 3.1. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional….. 34 3.1.1. Variabel Penelitian …………………………………… 34 3.1.2. Definisi Operasional…………………………………. 35 3.2. Penentuan Sampel ……………………………………. 38 3.2.1. Populasi dan Sampel…………………………………. 38 3.2.2. Teknik Pengambilan Sampel …………………….. 39 3.3. Jenis dan Sumber Data………………………………… 40 3.3.1. Teknik Pengumpulan Data……………………….. 40 3.4. Teknik Pengolahan Data ……………………………. 41 3.4.1. Analisis Kualitatif ………………………………. 41 3.4.2. Analisis Kuantitatif …………………………. 42 3.5. Teknik Analisis Data………………………….. 43 3.5.1. Uji Reliabilitas dan Validitas…………….. 43 3.5.1.1. Uji Reliabilitas …………………………… 43 3.5.1.2. Uji Validitas …………………………………. 43 3.5.2. Uji Asumsi Klasik ………………………… 44 3.5.2.1. Uji Multikolonieritas…………………. 44 3.5.2.2. Uji Heteroskedastisitas……………… 45 3.5.2.3. Uji Normalitas…………………………. 46 3.5.3. Analisis Regresi Linier Berganda….. 46 3.5.4. Uji Hipotesis……………………………….. 47 3.5.4.1. Uji Signifikansi Simultan (Uji F)….. 47 3.5.4.2. Uji Signifikansi Pengaruh Parsial (Uji t) .. 48 3.5.4.3. Uji Koefisien Determinasi (R2)……………. 49 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN…………. 50 4.1. Deskripsi Objek Penelitian………………………… 50 4.1.1. Gambaran Umum Perusahaan………………… 50 4.1.1.1. Sejarah Berdirinya Perusahaan ……………. 50 4.1.1.2. Struktur Organisasi…………………………….. 52 4.1.1.3. Fasilitas yang Ditawarkan oleh Perusahaan…… 56 4.1.2. Gambaran Umum Responden ……………………….. 58 4.1.2.1. Responden Menurut Jenis Kelamin …………….. 58 4.1.2.2. Responden Menurut Umur…………………………. 59 4.1.2.3. Responden Menurut Pekerjaan ………………….. 60 4.1.2.4. Responden Menurut Pendapatan ………………. 61 4.1.2.5. Frekuensi Kunjungan Responden ……………….. 61 4.2. Analisis Indeks Tanggapan Responden ………………. 62 4.2.1. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Bukti Fisik ……. 63 4.2.2. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kehandalan ….. 66 4.2.3. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Daya TanggaP……. 68 4.2.4. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Jaminan …….. 70 4.2.5. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kepedulian ……. 72 4.2.6. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kepuasan ……… 74 4.3. Hasil Analisis Data ……………………………………….. 75 4.3.1. Uji Validitas dan Reliabilitas ……………………… 75 4.3.1.1. Uji Validitas ……………………………………………… 75 4.3.1.2. Uji Reliabilitas …………………………………… 76 4.3.2. Uji Asumsi Klasik ……………………………………….. 77 4.3.2.1. Uji Normalitas …………………………………………… 77 4.3.2.2. Pengujian Multikolonieritas ……………………….. 78 4.3.2.3. Pengujian Heteroskedastisitas …………………. 79 4.3.3. Analisis Regresi Linier Berganda ………………. 80 4.3.4. Pengujian Hipotesis ………………………………….. 82 4.3.4.1. Uji t (Pengujian Hipotesis Secara Parsial) …… 82 4.3.4.2. Uji F ………………………………………………………. 85 4.3.4.3. Koefisien Determinasi …………………………….. 85 4.4. Pembahasan …………………………………………….. 86 BAB V PENUTUP ………………………………………. 92 5.1. Kesimpulan ……………………………………………… 92 5.2. Keterbatasan Penelitian …………………………… 94 5.3. Saran ……….. ……………………………………….. 94 5.3.1 Saran Untuk Perusahaan …………………….. 94 5.3.2 Saran Untuk Penelitian Mendatang ………… 98 DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….. 100 LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………….103 |
D. Daftar Tabel
Berisi daftar tabel-tabel yang terdapat dalam laporan
penelitian.
CONTOH DAFTAR TABEL
DAFTAR
TABEL
Halaman
TABEL 1.1 : Orisinalitas Penelitian
.......................................................................... 12
TABEL 2.1 : Pemetaan standar kompetensi
.............................................................. 40
TABEL 2.2 : Ciri-ciri Lima Jenjang
Afektif............................................................... 48
TABEL 2.3 : Contoh Format Penilaian Sikap dalam Praktek Merawat
Jenazah....... 51
TABEL 2.4 : Contoh instrument Skala Likert
........................................................... 55
TABEL 2.5: Contoh instrumen Skala Thurstone
....................................................... 55
TABEL 2.6 : Contoh Isi Buku Catatan Harian
......................................................... 59
TABEL 4.1 : Data Guru Pendidikan Agama Islam MAN Kota Kediri 3
................. 79
|
E. Daftar Gambar
Berisi daftar gambar-gambar yang terdapat dalam laporan
penelitian.
CONTOH DAFTAR GAMBAR
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1 : Iktisar Teknik Pengumpulan Informasi
................................................ 36
Gambar 3.1 : Analisis Data Model Miles & Huberman
............................................. 73
Gambar 4.1 : Teknik Penilaian afektif Guru PAI di MAN Kota Kediri 3
................ 99
Gambar 4.2 : Alur Pengelolaan Hasil Penilaian Afektif Guru PAI
MAN Kota Kediri 3 .........................................................................
102
Gambar 4.3 : Pemanfaatan Penilaian Afektif Guru PAI MAN Kota Kediri 3
....... 102
|
F. Daftar Lampiran
Berisi daftar lampiran yang terdapat dalam laporan
penelitian.
CONTOH DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran I. Hasil Wawancara Penelitian
Lampiran II. Pedoman Penilaian MAN Kota Kediri
3
Lampiran III. RPP mata pelajaran PAI MAN Kota Kediri 3
Lampiran IV. Daftar nilai siswa
Lampiran V. Nota Konsultasi
Lampiran VI. Surat keterangan Penelitian
Lampiran VII. Daftar Riwayat Hidup
|
Sumber Pustaka
http://banjirembun.blogspot.com/2014/10/contoh-daftar-tabel-daftar-gambar-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar