Senin, 18 Juni 2018

TUGAS 6: ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAN DAFTAR LAMPIRAN


TUGAS 6
(Jum’at, 20 April 2018)
Nama             : Muhammad Yusuf Alwi
NIM               : E1B015031
E-mail            : yusufalwi24@gmail.com
No. Hp.          : 082340493210
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAN DAFTAR LAMPIRAN
A.      Abstrak
1.         Pengertian Abstrak
Secara umum, abstrak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada wujudnya. Produk abstrak (dunia ekonomi) misalnya, merupakan produk-produk yang tidak memiliki wujud sama sekali seperti salah satunya adalah produk jasa.
Dalam dunia penelitian sendiri, pengertian abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak biasanya diletakkan di bagian awal sebuah karya ilmiah atau pun laporan hasil penelitian sebagai informasi awalan bagi para pembaca.
Abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian tersebut dibuat, maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat.
2.         Fungsi Abstrak
a.         Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian
Dalam setiap laporan hasil penelitian, abstrak berfungsi sebagai salah satu komponen yang harus ada di bagian awal laporan hasil penelitian. Tanpa keberadaan abstrak, sebuah laporan hasil penelitian menjadi tidak lengkap sehingga sulit lebih sulit untuk dipelajari.
b.        Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian
Fungsi abstrak dalam penelitian yang kedua adalah sebagai gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, abstrak merupakan tulisan singkat yang isinya adalah gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Tanpa abstrak, sebuah laporan penelitian menjadi lebih sulit untuk dipelajari (untuk mempelajarinya harus melihat seluruh bagian isi laporan penelitian terlebih dahulu).
c.         Bahan Pertimbangan bagi Pembaca
Fungsi abstrak yang ketiga adalah sebagai bahan pertimbangan bagi para pembaca laporan penelitian. Sebelum membaca keseluruhan isi, pembaca laporan penelitian dapat membaca abstrak terlebih dahulu untuk mengetahui apakan isi atau pun bahasan laporan penelitian sesuai atau tidak dengan apa yang dicari oleh pembaca.
CONTOH ABSTRAK
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MODUL PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DALAM
PELAKSANAAN BIMBINGAN PRIBADI BAGI SISWA
KELAS X DI SMA TIGA MARET (GAMA) YOGYAKARTA
Oleh:
Sulistyo Wahyuni
031224001
          Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X sebagai media dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi di SMA Tiga Maret (GAMA) Yogyakarta. Modul pengembangan kepribadian tersebut untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran tentang pengembangan kepribadian.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X yang berisi materi-materi pemahaman diri, percaya diri dan tanggungjawab. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi bimbingan pribadi, ahli media pembelajaran dan guru pembimbing, serta subjek siswa kelas X SMA GAMA Yogyakarta sebagai calon pengguna produk. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan random sampling, yang terdiri dari 10 orang siswa untuk uji coba lapangan utama dan 24 orang siswa untuk uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai modul yang dikembangkan dari segi kelengkapan modul, isi materi maupun tampilan fisik modul. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba lapangan utama modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X SMA termasuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan revisi, modul hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik pada uji lapangan operasional. Dengan demikian, modul pengembangan kepribadian bagi siswa kelas X SMA hasil pengembangan ini layak digunakan oleh siswa.
Kata kunci: Pengembangan Modul, Pengembangan Kepribadian
Contoh Abstrak Ketiga

B.       Kata Pengantar
Dalam sebuh karya tulis, baik ilmiah, non ilmiah maupun populer, adanya kata pengantar yang hal ini merupakan faktor yang penting. Kata pengantar ini sama pentingnya dengan daftar isi, daftar pusaka, biografi penulis dan faktor lainnya. Karena makalah akan dirasa baik dan lengkap apabila disertai dengan ucapan kata pengantar di dalamnya.
Kata pengantar ialah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan isi dan penutup.
Dalam kata pengantar harus mengandung beberapa unsur, yang diantaranya yaitu:
a.         Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
b.         Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah,
c.         Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
d.        Penjelasan adanya bantuan, bimbingan dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga,
e.         Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
f.          Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan,
g.         Harapan penulis atas karangan tersebut,
h.         Dan manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.
CONTOH KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat serta karunia-Nya, Penulis dapat menyelesaikan skripsi berjudul: TINJAUAN HUKUM TENTANG KERAHASIAAN PESAN ELEKTRONIK YANG TELAH DIGANTI OLEH ORANG YANG TIDAK BERHAK DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. 
Skripsi ini ditujukan untuk memenuhi salah satu persyaratan ujian guna memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) pada Jurusan Ilmu Hukum Pidana pada Fakultas Hukum Universitas 10 November Kendari. 
Penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna, dan banyak kekurangan baik dalam metode penulisan maupun dalam pembahasan materi. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan kemampuan Penulis. Sehingga Penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun mudah-mudahan dikemudian hari dapat memperbaiki segala kekuranganya. 
Dalam penulisan skripsi ini, Penulis selalu mendapatkan bimbingan, dorongan, serta semangat dari banyak pihak. Oleh karena itu Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pembimbing yang terhormat, yakni Yth. Bapak Dr. Anthon S.H., M.Hum., selaku Dosen Pembimbing, yang telah meluangkan waktunya, tenaga dan pikirannya untuk membimbing Penulis dalam penulisan skripsi ini, selain pembimbing Penulis juga ingin mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada:
1.        Yth. Bapak Dr. Ir. Eddy, M.Sc, selaku Rektor Universitas 10 November
2.        Yth. Bapak Prof . Dr. H . R. Salman S, S.H., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas 10 November;
3.        Yth. Ibu Hetty, S.H., selaku Ketua Jurusan Ilmu Hukum Universitas 10 November;
4.        Yth. Bapak Budi Fitriadi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
5.        Yth. Ibu Arinita S.H., M.Hum, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
6.        Yth. Ibu Rahmani Puspita, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
7.        Yth. Ibu Wulansari, S.H, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
8.        Yth. Ibu Maulin, S.H, M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
9.        Yth. Bapak Suharimi, S.H., M.Hum., selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas 10 November;
10.    Yth. Ibu Rika Rossilawati R, A.Md., selaku Staf Sekretariat Fakultas Hukum Universitas 10 November;
11.    Seluruh Staf Dosen dan Karyawan Fakultas Hukum Universitas 10 November.
12.    Kedua orangtua yang telah memberikan dorongan dan doa sehingga Penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
13.    Buat kakak-kakak Qu yang selalu mendukung dan membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
14.    Buat temen-temen angkatan 2005, khususnya Wari, Novi, Krok, Merlin, Ichal, Rikka, Paskal, Billy Andri, palma, Doni.
Akhirnya, Penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak dan apabila ada yang tidak tersebutkan Penulis mohon maaf, dengan besar harapan semoga skripsi yang ditulis oleh Penulis ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penulis sendiri dan umumnya bagi pembaca. Bagi para pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini semoga segala amal dan kebaikannya mendapatkan balasan yang berlimpah dari Tuhan YME, Amiiin.
Kendari, Juli 20.

Penulis


C.      Daftar Isi
Daftar isi berfungsi sebagai pencantuman urutan isi karangan. Isi karangan disusun berdasarkan bab yang terdapat di dalam karangan tersebut disertai urutan halamannya secara benar. Penulisan kata pada "halaman 1" terdapat pada sudut kanan atas dengan huruf kecil seluruhnya. Daftar isi pun ditulis pada halaman tersendiri, seperti kata pengantar.
CONTOH DAFTAR ISI

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………….. i
HALAMAN PERSETUJUAN ……………………………………. ii
HALAMAN PENGESAHAN KELULUSAN UJIAN ………iii
PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI …………………. iv
ABSTRAKSI …………………………………………………………….v
MOTTO DAN PERSEMBAHAN …………………………………vi
KATA PENGANTAR ………………………………………………..vii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………x
DAFTAR TABEL……………………………………………………..xiv
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………..xv
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………xvi
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………..1
1.1. Latar Belakang ………………………………………………… 1
1.2. Rumusan Masalah …………………………………………..5
1.3. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian …………6
1.3.1. Tujuan Penelitian ………………………………………….6
1.3.2. Manfaat Penelitian ……………………………………… 7
1.4. Sistematika Penulisan …………………………………….7
BAB II TINJAUAN PUSTAKA …………………………… 9
2.1. Landasan Teori………………………………………………. 9
2.1.1. Kualitas Pelayanan ……………………………………… 9
2.1.1.1. Dimensi Kualitas Layanan …………………… 11
2.1.2. Pemasaran Jasa …………………………………….. 15
2.1.3. Kepuasan Pelanggan / Konsumen ………………… 18
2.2. Hubungan Antar Variabel ………………………… 23
2.2.1. Hubungan Tangible dengan Kepuasan Konsumen…. 23
2.2.2. Hubungan Reliability dengan Kepuasan Konsumen….. 24
2.2.3. Hubungan Responsiveness dengan Kepuasan Konsumen … 26
2.2.4. Hubungan Assurance dengan Kepuasan Konsumen……. 28
2.2.5. Hubungan Emphaty dengan Kepuasan Konsumen……. 30
2.3. Penelitian Terdahulu ……………………………………… 32
2.4. Kerangka Pemikiran Teoritis ………………………….. 33
BAB III METODE PENELITIAN………………………. 34
3.1. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional….. 34
3.1.1. Variabel Penelitian …………………………………… 34
3.1.2. Definisi Operasional…………………………………. 35
3.2. Penentuan Sampel ……………………………………. 38
3.2.1. Populasi dan Sampel…………………………………. 38
3.2.2. Teknik Pengambilan Sampel …………………….. 39
3.3. Jenis dan Sumber Data………………………………… 40
3.3.1. Teknik Pengumpulan Data……………………….. 40
3.4. Teknik Pengolahan Data ……………………………. 41
3.4.1. Analisis Kualitatif ………………………………. 41
3.4.2. Analisis Kuantitatif …………………………. 42
3.5. Teknik Analisis Data………………………….. 43
3.5.1. Uji Reliabilitas dan Validitas…………….. 43
3.5.1.1. Uji Reliabilitas …………………………… 43
3.5.1.2. Uji Validitas …………………………………. 43
3.5.2. Uji Asumsi Klasik ………………………… 44
3.5.2.1. Uji Multikolonieritas…………………. 44
3.5.2.2. Uji Heteroskedastisitas……………… 45
3.5.2.3. Uji Normalitas…………………………. 46
3.5.3. Analisis Regresi Linier Berganda….. 46
3.5.4. Uji Hipotesis……………………………….. 47
3.5.4.1. Uji Signifikansi Simultan (Uji F)….. 47
3.5.4.2. Uji Signifikansi Pengaruh Parsial (Uji t) .. 48
3.5.4.3. Uji Koefisien Determinasi (R2)……………. 49
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN…………. 50
4.1. Deskripsi Objek Penelitian………………………… 50
4.1.1. Gambaran Umum Perusahaan………………… 50
4.1.1.1. Sejarah Berdirinya Perusahaan ……………. 50
4.1.1.2. Struktur Organisasi…………………………….. 52
4.1.1.3. Fasilitas yang Ditawarkan oleh Perusahaan…… 56
4.1.2. Gambaran Umum Responden ……………………….. 58
4.1.2.1. Responden Menurut Jenis Kelamin …………….. 58
4.1.2.2. Responden Menurut Umur…………………………. 59
4.1.2.3. Responden Menurut Pekerjaan ………………….. 60
4.1.2.4. Responden Menurut Pendapatan ………………. 61
4.1.2.5. Frekuensi Kunjungan Responden ……………….. 61
4.2. Analisis Indeks Tanggapan Responden ………………. 62
4.2.1. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Bukti Fisik ……. 63
4.2.2. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kehandalan ….. 66
4.2.3. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Daya TanggaP……. 68
4.2.4. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Jaminan …….. 70
4.2.5. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kepedulian ……. 72
4.2.6. Indeks Tanggapan Responden Mengenai Kepuasan ……… 74
4.3. Hasil Analisis Data ……………………………………….. 75
4.3.1. Uji Validitas dan Reliabilitas ……………………… 75
4.3.1.1. Uji Validitas ……………………………………………… 75
4.3.1.2. Uji Reliabilitas …………………………………… 76
4.3.2. Uji Asumsi Klasik ……………………………………….. 77
4.3.2.1. Uji Normalitas …………………………………………… 77
4.3.2.2. Pengujian Multikolonieritas ……………………….. 78
4.3.2.3. Pengujian Heteroskedastisitas …………………. 79
4.3.3. Analisis Regresi Linier Berganda ………………. 80
4.3.4. Pengujian Hipotesis ………………………………….. 82
4.3.4.1. Uji t (Pengujian Hipotesis Secara Parsial) …… 82
4.3.4.2. Uji F ………………………………………………………. 85
4.3.4.3. Koefisien Determinasi …………………………….. 85
4.4. Pembahasan …………………………………………….. 86
BAB V PENUTUP ………………………………………. 92
5.1. Kesimpulan ……………………………………………… 92
5.2. Keterbatasan Penelitian …………………………… 94
5.3. Saran ……….. ……………………………………….. 94
5.3.1 Saran Untuk Perusahaan …………………….. 94
5.3.2 Saran Untuk Penelitian Mendatang ………… 98
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….. 100
LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………….103

D.      Daftar Tabel
Berisi daftar tabel-tabel yang terdapat dalam laporan penelitian.
CONTOH DAFTAR TABEL
DAFTAR TABEL                                                                                                 Halaman
TABEL 1.1 : Orisinalitas Penelitian .......................................................................... 12
TABEL 2.1 : Pemetaan standar kompetensi .............................................................. 40
TABEL 2.2 : Ciri-ciri Lima Jenjang Afektif............................................................... 48
TABEL 2.3 : Contoh Format Penilaian Sikap dalam Praktek Merawat Jenazah....... 51
TABEL 2.4 : Contoh instrument Skala Likert ........................................................... 55
TABEL 2.5: Contoh instrumen Skala Thurstone ....................................................... 55
TABEL 2.6 : Contoh Isi Buku Catatan Harian ......................................................... 59
TABEL 4.1 : Data Guru Pendidikan Agama Islam MAN Kota Kediri 3 ................. 79

E.       Daftar Gambar
Berisi daftar gambar-gambar yang terdapat dalam laporan penelitian.
CONTOH DAFTAR GAMBAR
DAFTAR GAMBAR                                                                                         Halaman
Gambar 2.1 : Iktisar Teknik Pengumpulan Informasi ................................................ 36
Gambar 3.1 : Analisis Data Model Miles & Huberman ............................................. 73
Gambar 4.1 : Teknik Penilaian afektif Guru PAI di MAN Kota Kediri 3 ................ 99
Gambar 4.2 : Alur Pengelolaan Hasil Penilaian Afektif Guru PAI 
MAN Kota Kediri 3 ......................................................................... 102
Gambar 4.3 : Pemanfaatan Penilaian Afektif Guru PAI MAN Kota Kediri 3 ....... 102

F.       Daftar Lampiran
Berisi daftar lampiran yang terdapat dalam laporan penelitian.
CONTOH DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran I.       Hasil Wawancara Penelitian
Lampiran II.      Pedoman Penilaian MAN Kota Kediri 3
Lampiran III.    RPP mata pelajaran PAI MAN Kota Kediri 3
Lampiran IV.    Daftar nilai siswa
Lampiran V.       Nota Konsultasi
Lampiran VI.    Surat keterangan Penelitian
Lampiran VII.   Daftar Riwayat Hidup



Sumber Pustaka
http://banjirembun.blogspot.com/2014/10/contoh-daftar-tabel-daftar-gambar-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar