TUGAS 5
OUT CLASS
(Kamis,
12 Oktober 2017)
Anggota Kelompok
1.
Nama : Herani Safitri
NIM : E1B015019
No. Hp : 085237094019
Email : heranisafitri@gmail.com
2.
Nama : Muhammad Yusuf Alwi
NIM : E1B015031
No. Hp : 082340493210
Email : yusufalwi24@gmail.com
INSTRUMEN TES KOGNITIF KD 3.1. KELAS XII SEMESTER
I
A.
Rumusan Indikator dan Tujuan Pembelajaran
1.
Indikator
KOMPETESI
DASAR
|
INDIKATOR
|
3.1. Menganalisis kesadaran warga negara akan kewajiban dan
pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya dalam perspektif Pancasila.
|
3.1.1.
Menjelaskan pengertian kewajiban.
3.1.2.
Menejelaskan pengertian HAM.
3.1.3.
Menjelaskan pengertian kesadaran akan kewajiban.
3.1.4.
Menjelaskan pengertian pelanggaran HAM.
3.1.5.
Mengidentifikasi kewajiban dalam nilai dasar, nilai instrumetal, dan nilai
praksis Pancasila.
3.1.6.
Mengidentifikasi HAM dalam nilai dasar, nilai instrumetal, dan nilai praksis
Pancasila.
3.1.7. Menganalisis
penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam pengingkaran kesadaran akan
kewajiban.
3.1.8. Menganalisis penyimpangan
nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kasus pelanggaran HAM.
3.1.9. Menganalisis
upaya-upaya menyadarkan masyarakat akan kewajiban.
3.1.10. Menganalisis upaya-upaya
penyelesaian kasus pelanggaran HAM.
|
2.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, siswa dapat menganalisis kesadaran warga negara akan
kewajiban dan pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya dalam perspektif
Pancasila, sehingga mampu menyaji hasil analisis kesadaran
warga negara akan kewajiban dan pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya
dalam perspektif Pancasila, agar dapat bersikap menghargai sesama
sesuai dengan ajaran agama yang dianut dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara serta berprilaku solidaritas
sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
B.
Instrumen Tes Kognitif Tingkat Rendah
I.
Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar (a, b, c, d, atau e)!
1.
Karakteristik
HAM salah satunya adalah bersifat universal, artinya...
a.
Hak asasi merupakan hak yang
dimiliki oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama,
ras maupun golongan.
b.
Hak asasi merupakan hak yang
dimiliki golongan khusus bangsawan.
c.
Hak asasi merupakan hak yang
dimiliki sejak lahir oleh kaum bangsawan.
d.
Hak asasi yang dimiliki oleh
setiap manusi dizaman sekarang.
e.
Hak asasi merupakan hak yang
dimiliki oleh setiap manusia di dunia dengan membeda-bedakan suku bangsa,
agama, ras maupun golongan.
2.
HAM adalah hak-hak individual
dan berasal dari berbagai kebutuhan
serta kepasitas-kapasitas manusia. Pengertian HAM tersebut menurut...
a.
Koentjoro Poerbopranoto
b.
G.J. Wolhos
c.
Kevin Boyle dan David Beetham
d.
Miriam Budiarjo
e.
Leah Kevin
3.
Kewajiban
tidak boleh ditinggalkan, artinya...
a.
Sesuatu yang
dimiliki sejak lahir untuk dilupakan
b.
Sesuatu yang
harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab
c.
Sesuatu yang
melekat tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan
d.
Sesuatu yang
bersifat universal dan boleh ditinggalkan
e.
Sesuatu yang
tidak dapat dipertanggungjawabkan
4.
Pelanggaran HAM adalah
setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik
disengaja ataupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi,
menghalangi, membatasi dan atau mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang
dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan atau dikhawatirkan tidak
akan memperoleh penyelesaian hukum yang berlaku. Pengertian tersebut menurut...
a.
UU No. 39 Tahun 1999
b.
UU. No. 26 Tahun 2000
c.
UU. No. 20 Tahun 2003
d.
UU. No. 14 Tahun 2005
e.
UU. No. 01 Tahun 1977
5.
Orang yang
sadar akan kewajibannya akan melaksanakan tugasnya dengan penuh...
a.
Kelalaian
b.
Semangat
c.
Keikhlasan
d.
Kegembiraan
e.
Tanggung
jawab
II.
Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan baik dan benar!
1.
Identifikasikanlah kewajiban yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila!
No
|
Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila
|
Kewajiban
|
1
|
Nilai dasar
|
|
2
|
Nilai instrumental
|
|
3
|
Nilai praksis
|
|
2.
Identikasikanlah hak asasi manusia yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila!
No
|
Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila
|
Hak Asasi Manusia
|
1
|
Nilai dasar
|
|
2
|
Nilai instrumental
|
|
3
|
Nilai praksis
|
|
C.
Instrumen Tes Kognitif Tingkat Tinggi
I.
Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar (a, b, c, d, atau e)!
Bacalah wacana berikut ini
untuk menjawab soal nomor 1-2!
KASUS KORUPSI GAYUS TAMBUNAN
Gayus Halomoan Partahanan
Tambunan adalah bekas pegawai negeri sipil di DJP Kemkeu. Ia dipenjara karena
melakukan penyalahgunaan wewenang, menerima suap dari wajib pajak, dan pidana
umum lainnya. Gayus merupakan PNS golongan IIIA namun disebut-sebut memiliki
harta hingga puluhan miliar rupiah.
Gayus dinyatakan terbukti
bersalah menerima suap senilai Rp925 juta dari Roberto Santonius, konsultan PT
Metropolitan Retailmart terkait kepengurusan keberatan pajak perusahaan
tersebut.
Gayus dinilai lalai
menangani keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal (SAT) yang berakibat pada
kerugian negara sebesar Rp570 juta. Gayus juga terlibat dalam kasus penggelapan
pajak PT Megah Citra Raya.
Gayus terbukti bersalah
menerima gratifikasi saat menjabat petugas penelaah keberatan pajak di Ditjen
pajak. Gayus terbukti menerima gratifikasi sebesar US$659.800 dan Sin$9,6 juta.
Gayus juga dijerat dengan UU
Tindak Pidana Pencucian Uang. Selama persidangan, Gayus gagal membuktikan
kekayaannya berupa uang Rp925 juta, US$3,5 juta, US$659.800, Sin$9,6 juta dan
31 keping logam mulai masing-masing 100 gram bukan berasal dari hasil tindak
pidana.
1.
Dari kasus tersebut, nilai praksis
Pancasila yang dilanggar dalam menjalankan kewajiban adalah...
a.
Korupsi
b.
Penyalahgunaan wewenang
c.
Sebagai pegawai DJP Kemkeu
d.
Pencuciaan uang
e.
b dan d benar
2.
Nilai dasar Pancasila yang dilanggar
dalam kasus tersebut adalah...
a.
Nilai Ketuhanan
b.
Nilai Kemanusiaan
c.
Nilai Persatuan
d.
Nilai Kerakyatan
e.
Nilai Keadilan
3.
Munir Said Thalib merupakan aktifis HAM yang
pernah menangani kasus-kasus pelanggaran HAM. Munir lahir di Malang pada 8
Desember 1965. ia meninggal pada 7 September 2004 di dalam pesawat Garuda Indonesia
ketika Munir sedang melakukan perjalanan menuju Amsterdam, Belanda. Spekulasi
mulai bermunculan, banyak berita yang mengabarkan bahwa Munir meninggal di
dalam pesawat karena serangan jantung, dibunuh, bahkan diracuni. Namun,
sebagian orang percaya bahwa Munir meninggal karena diracun menggunakan
Arsenikum di makanan atau minumannya saat ia merada di dalam pesawat.
Dari kasus tersebut,
nilai instrumental Pancasila yang dilanggar adalah...
a.
Mengambil hak hidup
orang lain
b.
Penyalahgunaan kekuasaan
c.
Nilai Kemanusiaan
d.
Nilai Keadilan
e.
Semua benar
II.
Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan baik dan benar!
1.
Carilah satu
kasus yang ada di Indonesia yang berkaitan dengan pengingkaran kewajiban, dari
kasus tersebut rumuskanlah upaya-upaya yang dapat kalian lakukan untuk
menyadarkan msyarakat akan pentingnya melaksanakan kewajiban!
2.
Carilah satu
kasus yang ada di Indonesia yang berkaitan dengan pelanggaran HAM, dari kasus
tersebut rumuskanlah upaya-upaya yang dapat kalian lakukan untuk menyelesaikan
kasus pelanggaran HAM tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar