TUGAS PERTAMA
Selasa, 12 Desember 2017
Nama : Muhammad Yusuf Alwi
NIM : E1B015031
No. Hp. : 082340493210
Blog : yusufalwi24.blogspot.com
INSTRUMEN AFEKTIF
- Penilaian Teman Sejawat (Sebaya)
- Tujuan Instrumen
Lembar instrumen penilaian teman sejawat (sebaya) ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menghargai HAM milik orang lain yang sesuai dengan nilai-nilai praksis Pancasila yang dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas XII Semester I yang merupakan bagian dari kasus pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya.
- Kisi-Kisi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Sub-Indikator
|
Pernyataan No.
|
1
|
3.1. Menganalisis kasus Pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya dalam perspektif Pancasila
|
3.1.3. Mengidentifikasi HAM dalam nilai-nilai praksis Pancasila.
|
Nilai Ketuhanan
|
1-3
|
Nilai Kemanusiaan
|
4-6
| |||
Nilai Persatuan
|
7-9
| |||
Nilai Kerakyatan
|
10-12
| |||
Nilai Keadilan
|
13-15
|
- Petunjuk Pemberian Skor Akhir
Skor akhir menggunakan skala 0-3
Skor tertinggi: 15 aspek pernyataan x 3 = 45
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus: Jumlah SkorSkor Tertinggi ×3=Skor Akhir
- Lembar Instrumen Penilaian Teman Sebaya
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XII/I
Nama Siswa Yang Mengamati : Syarif Hidayatullah
Nama Siswa Yang Diamati : Muhammad Yusuf Alwi
Petunjuk Pengisian
- Bacalah pernyataan di dalam kolom dengan teliti!
- Berikanlah skor dari skala 0-3 sesuai dengan keadaan teman anda sehari-hari dengan ketentuan sebagai berikut:
0 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1 = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2 = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
3 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
1
|
Menghormati teman yang berbeda agama ketika melakukan ibadah.
| |
2
|
Mau bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, sehingga terbiasa kerukunan hidup antar umat beragama.
| |
3
|
Tidak melakukan diskriminasi terhadap orang yang berbeda agama.
| |
4
|
Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban antar sesama manusia.
| |
5
|
Saling mencintai antar sesama
| |
6
|
Tidak melakukan perlakuan semena-mena kepada orang lain.
| |
7
|
Tidak menghina bentuk fisik orang yang berbeda suku atau ras.
| |
8
|
Tidak menghina bahasa yang dimiliki suku lain.
| |
9
|
Mau bekerjasama dengan teman yang berbeda suku atau ras untuk menyelesaikan masalah.
| |
10
|
Mengutamakan kepentingan kelompok dari pada kepentingan individu.
| |
11
|
Tidak memkasakan pendapatnya kepada orang lain.
| |
12
|
Melakukan musyawarah untuk menyelesaikan suatu masalah.
| |
13
|
Menolong teman tanpa memandang suku atau ras.
| |
14
|
Menghargai hasil karya orang lain.
| |
15
|
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
| |
Jumlah Skor
|
- Penilaian Diri Sendiri
- Tujuan Instrumen
Lembar instrumen penilaian diri sendiri ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menghargai HAM milik orang lain yang sesuai dengan nilai-nilai praksis Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas XII Semester I yang merupakan bagian dari kasus pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya.
- Kisi-Kisi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Sub-Indikator
|
Pertanyaan No.
|
1
|
3.1. Menganalisis kasus Pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya dalam perspektfi Pancasila
|
3.1.3. Mengidentifikasi HAM dalam nilai-nilai praksis Pancasila.
|
Nilai Ketuhanan
|
1-3
|
Nilai Kemanusiaan
|
4-6
| |||
Nilai Persatuan
|
7-9
| |||
Nilai Kerakyatan
|
10-12
| |||
Nilai Keadilan
|
13-15
|
- Petunjuk Pemberian Skor
0 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1 = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2 = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
3 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
- Petunjuk Pemberian Skor Akhir
Skor akhir menggunakan skala 0-3
Skor tertinggi: 15 aspek pernyataan x 3 = 45
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus: Jumlah SkorSkor Tertinggi ×3=Skor Akhir
- Lembar Instrumen Penilaian Diri Sendiri
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XII/I
Nama : Arif Rahman Hakim
Petunjuk Pengisian
- Bacalah pernyataan di dalam kolom dengan teliti!
- Lakukanlah refleksi terhadap diri anda sendiri, kemudian isi kolom sesuai dengan keadaan anda sehari-hari dengan memberi tanda rumput (√)
No
|
Pernyataan
|
Tidak Pernah
|
Kadang-Kadang
|
Sering
|
Selalu
|
1
|
Menghormati teman yang berbeda agama ketika melakukan ibadah.
| ||||
2
|
Mau bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, sehingga terbiasa kerukunan hidup antar umat beragama.
| ||||
3
|
Tidak melakukan diskriminasi terhadap orang yang berbeda agama.
| ||||
4
|
Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban antar sesama manusia.
| ||||
5
|
Saling mencintai antar sesama
| ||||
6
|
Tidak melakukan perlakuan semena-mena kepada orang lain.
| ||||
7
|
Tidak menghina bentuk fisik orang yang berbeda suku atau ras.
| ||||
8
|
Tidak menghina bahasa yang dimiliki suku lain.
| ||||
9
|
Mau bekerjasama dengan teman yang berbeda suku atau ras untuk menyelesaikan masalah.
| ||||
10
|
Mengutamakan kepentingan kelompok dari pada kepentingan individu.
| ||||
11
|
Tidak memkasakan pendapatnya kepada orang lain.
| ||||
12
|
Melakukan musyawarah untuk menyelesaikan suatu masalah.
| ||||
13
|
Menolong teman tanpa memandang suku atau ras.
| ||||
14
|
Menghargai hasil karya orang lain.
| ||||
15
|
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
|
- Penilaian Diskusi
- Tujuan Instrumen
Lembar instrumen penilaian diskusi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menghargai HAM milik orang lain yang sesuai dengan nilai-nilai praksis Pancasila dalam diskuis bersama kelompok untuk menyelesaikan tugas, siswa kelas XII Semester I yang merupakan bagian dari kasus pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya.
- Kisi-Kisi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Sub-Indikator
|
Pernyataan No.
|
1
|
3.1. Menganalisis kasus Pelanggaran HAM beserta upaya penyelesaiannya dalam perspektfi Pancasila
|
3.1.3. Mengidentifikasi HAM dalam nilai-nilai praksis Pancasila.
|
Nilai Ketuhanan
|
1
|
Nilai Kemanusiaan
|
2-3
| |||
Nilai Persatuan
|
4
| |||
Nilai Kerakyatan
|
5
| |||
Nilai Keadilan
|
6-7
|
- Petunjuk Pemberian Skor Akhir
Skor akhir menggunakan skala 0-3
Skor tertinggi: 15 aspek pernyataan x 3 = 45
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus: Jumlah SkorSkor Tertinggi ×3=Skor Akhir
- Lembar Instrumen Penilaian Diri Sendiri
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XII/I
Nama Kelompok : Singa
Petunjuk Pengisian
- Bacalah pernyataan di bawah dengan teliti, kemudian isi skor pernyataan sesuai dengan keadaan anggota kelompok saat diskusi keompok untuk menyelesaikan tugas!
- Berikanlah skor dari skala 0-3 sesuai dengan keadaan anggota kelompok saat diskusi keompok untuk menyelesaikan tugas dengan ketentuan sebagai berikut:
0 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1 = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2 = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
3 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
- Pernyataan
- Tidak mengabaikan anggota kelompok yang berbeda agama dalam diskusi.
- Menghargai pendapat anggota kelompok yang lain.
- Saling merangkul untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama.
- Tidak membeda-bedakan anggota kelompok yang kemampuaan kognitifnya rendah dan tinggi.
- Bekerjasama untuk menyelesaikan tugas kelompok yang dierikan.
- Membagi-bagi tugas kepada anggota kelompok.
- Memberi tugas yang sesuai dengan kemampuaan anggota kelompok
No
|
Nama Anggota
|
Skor Pernyataan
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
| ||
1
|
Arif Rahman Hakim
| |||||||
2
|
Muhammad Yusuf Alwi
| |||||||
3
|
Syarif Hidayatullah
|
‘
Tidak ada komentar:
Posting Komentar